Minggu, 05 Mei 2013

POSISI SAYA DALAM SEPAKBOLA






Posisi favorit saya dalam permainan sepakbola adalah sebagai seorang bek tengah atau defender. Saya menyukai posisi ini karena merasa sangat nyaman,dan pas sekali dengan tipikal saya yang keras tapi tetap mengutamakan sportifitas. Saya menyukai sepakbola sejak dari kecil,hingga sekarang bahkan selamanya. Awal mula saya menyukai posisi sebagai bek adalah ketika saya bertanding di tournament sepakbola tingkat SD,saya dipasang sebagai seorang defender oleh pelatih saya pada waktu itu,padahal masih banyak anak-anak lain yang posisinya sebagai bek tengah asli,tapi pelatih lebih mempercayai posisi bek tengah kepada saya ketimbang yang lainnya  untuk berduet dengan kaka kelas pada waktu itu. Padahal pada waktu itu saya menyukai posisi sebagai penjaga gawang dan gelandang, tapi pelatih berkata ”seumuran kalian posisi bermain masih bisa dirubah,tidak terpaku pada satu posisi saja,dan nanti tipikal tipe posisi kalian akan diketahui”. Benar sekali apa yang telah pelatih sampaikan,ternyata saya memang nyaman sekali sebagai seorang bek tengah. Setelah itu saya terus mengasah kemampuan saya sebagai seorang bek tengah,dan akhirnya saya bermain selalu si posisi bek tengah. Dan pelatih waktu itu juga terus mengasah kemampun saya hingga menjadi bek yang handal. Setelah itu pelatih mengajarkan cara heading,jumping,adu badan,menggenjot fisik supaya tidak kalah dengan penyerang.dan setelah itu mengajarkan strategi yaitu menginstrusikan berhadapan 1 on 1, Dalam situasi ini saya harus memiliki rencana bagaimana cara merebut bola yang benar,jika salah lawan berhasil melewati saya dan bisa menciptakan gool,jika saya berhasil mencuri bola darinya gawang saya akan aman.jadi saya adalah pemain terakhir yang harus mengamankan gawang dari kebobolan. Dan sebagai  Sebagai seorang defender saya tidak memiliki begitu banyak waktu untuk memutuskan apa yang akan saya lakukan terhadap bola. Untuk membuat sesuatu yg berguna saya perlu memiliki rencana sebelum menerimanya. Mempertahankan dalam permainan ini sama halnya dengan catur, saya harus selangkah lebih depan daripada lawan. Misi saya saat bermain sebagai defender adalah untuk menjaga bola tetap diluar kotak penalty, merebut bola, pressing-pressing kepada pemain lawan yang coba memasuki daerah pertahanan, memenangkan duel dan mengamankan bola, membaca arah serangan lawan dan mengorganisir rekan di daerah pertahanan. Dan saya ingin seperti pemain idola saya yaitu Rio Ferdinand yang bermain untuk Manchester United. walaupun menjadi seorang defender yang tangguh itu tidak mudah karena harus punya bekal yang banyak.saya tetap bersemangat dan terus belajar sehingga menjadi defender tangguh,walaupun sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar