Senin, 12 Maret 2012

SUNDA TEH NAON ??? (Sunda Itu Apa ???)


Sunda berasal dari kata Su = Bagus/ Baik, segala sesuatu yang mengandung unsur kebaikan, orangSunda diyakini memiliki etos/ watak/ karakter Kasundaan sebagai jalan menuju keutamaan hidup. Watak/ karakter Sunda yang dimaksud adalah cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (mawas diri),dan pinter (pandai/ cerdas) yang sudah dijalankan sejak jaman Salaka Nagara sampai ke PakuanPajajaran, telah membawa kemakmuran dan kesejahteraan lebih dari 1000 tahun.Sunda merupakan kebudayaan masyarakat yang tinggal di wilayah barat pulau Jawa namun denganberjalannya waktu telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Makna kata Sunda sangat luhur, yakni cahaya, cemerlang, putih, atau bersih. Makna kata Sunda itu tidakhanya ditampilkan dalam penampilan, tapi juga didalami dalam hati. Karena itu, orang Sunda yang'nyunda' perlu memiliki hati yang luhur pula. Itulah yang perlu dipahami bila mencintai, sekaligus banggaterhadap budaya Sunda yang dimilikinya.
Suku sunda merupakan suku yang terdapat diprovinsi Jawa Barat. Suku sunda adalah salah satu suku yang memiliki berbagai kebudayaan daerah, diantaranya pakaian tradisional, kesenian tradisional, kesenian daerah, bahasa daerah dan lain sebagainya.

Kebudayaan sunda termasuk kebudayaan suku bangsa Indonesia yang tertua. Bahkan di bandingkan dengan kebudayaan jawa sekalipun, kebudayaan sunda termasuk kebudayaan yang relatif lebih tua dan sangat dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun. Kebudayaan sunda juga merupakan salah satu kebudayaan yang perlu dilestarikan. Selain itu sunda juga memiliki beberapa kebudayaan lain seperti kesopanan, rendah hati terhadap sesama,  menghormati kepada yang lebih tua, dan menyayangi kepada yang lebih kecil.
            Pada kebudayaan sunda keseimbangan magis dipertahankan dengan cara melakukan upacara-upacara adat, sedangkan keseimbangan sosial masyarakat sunda melakukan gotong-royong untuk mempertahankannya. Umumnya karakter masyarakat sunda, ramah tamah, murah senyum, lemah lembut, dan sangat menghormati orang tua. Itu merupakan cermin budaya dan kultur masyarakat sunda. Di bahasa sunda diajarkan bagaimana menggunakan bahasa halus untuk orang tua. Di samping itu pula, kebanyakan mayoritas masyarakat  sunda beragama islam, namun ada beberapa masyarakat, yang bukan beragama islam.
“jadi kebudayaan sunda adalah suatu kebudayaan yang tertua diantara kebudayaan lain . Yang menjunjung tinggi nilai-nilai tata krama dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam perkataan maupun, dalam bertingkah laku”

Source : http://tamanmini.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar