Rabu, 12 Oktober 2011

Penduduk, Masyarakat, Kebudayaan

1. Penduduk
Secara umum, penduduk merupakan sekumpulan orang yang tinggal di suatu daerah dalam rentang waktu tertentu. Dalam hal ini, penduduk berkaitan erat dengan terbentuknya masyarakat sesuai dengan perkembangannya dalam, tentunya disebabkan dinamisnya jumlah penduduk yang dipengaruhi oleh kelahiran – kematian dan migrasi – imigrasi dari penduduk tersebut.
2. Masyarakat
Seperti penduduk, masyarakat juga mempunyai definisi yang sama. Hanya saja, menurut saya yang membedakan adalah unsur-unsur yang berkaitan tentang terbentuknya masyarakat, seperti administratif / hukum, wilayah / teritorial yang sah, dan unsur-unsur maupun sub-unsur lainnya (usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, kasta sosial, ras, agama, dll). Masyarakat juga mempunyai tujuan atas dasar jiwa sosialnya untuk membentuk dan mengembangkan kehidupan mereka menjadi lebih baik seiring zaman, dan juga secara tidak langsung berperan dalam pengembangan diri seseorang menjadi pribadi yang variatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa interaksi sosial yang terjadi pada sebuah masyarakat akan membentuk sebuah kebudayaan yang mutlak maupun kebudayaan semu, yakni kebudayaan-kebudayaan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, pekerjaan, dan budaya-budaya lainnya yang bersifat sosialia maupun ekonomik,  yang saling berkaitan agar membentuk lingkungan sosial yang baik.
3. Kebudayaan
Kebudayaan merupakan hasil dari interaksi yang telah dilakukan oleh masyarakat yang bersifat sosialia maupun ekonomik. Kebudayaan juga bersifat dinamis disebabkan perbedaan unsur-unsur yang membentuk masyarakat pembawa budaya-budaya tersebut (agama, ras, wilayah, pekerjaan, pendidikan, usia, dll), sehingga patut dibanggakan bahwa Indonesia memiliki ragam budaya yang unik dibandingkan negara lainnya yang mayoritas hanya memiliki beberapa suku ataupun ras.
4. Kesimpulan
Kesimpulan saya, keterkaitan antara terbentuknya penduduk, masyarakat, hingga kebudayaan terlihat jelas. Masing-masing merupakan faktor pembentuk inti sebuah kehidupan sosial, dimana hingga kini terlihat jelas bagaimana dinamisnya dunia ini yang padat akan masyarakat dan kebudayaan yang variatif. Tanpa ada salah satu dari ketiganya, kehidupan sosial tidak akan terbentuk.
Rizky Fachlevy
1KA26 – 18111600

Tidak ada komentar:

Posting Komentar